Mengapa Tersenyum Dan Tertawa Membuat Otak Lebih Cerdas

Sabtu, 27 Juni 2015 Bang Rengat
Mengapa Tersenyum Dan Tertawa Membuat Otak Lebih Cerdas
© Javainblue.com

JavaInBlue.com - Smart Lovers, Olahraga, pola makan, pola istirahat atau tidur, pola pikir, pola hidup sehat dan lebih penting lagi bagaimana kita menjaga dan mencegah kerusakan pada otak terlalu dini atau terlalu cepat. Otak merupakan segala pusat pengendali tubuh kita yang mengolah seluruh informasi yang diperoleh indra untuk dirubah menjadi rasa atau bentuk respon yang lainnya. Informasi dari indra ditangkap sebagai stimulus atau rangsangan diolah otak dengan cara berfikir dan dilanjutkan dengan suatu tindakan untuk melakukan sesuatu.

Zat-zat yang sangat dibutuhkan otak misalnya :

  1. Zat Gula sebagai bahan bakar otak
  2. Asam Amino yaitu zat penghubung sel antar saraf
  3. Asam Lemak Omega 3 yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah
  4. Lemak fosfolipid (phospholipids) yang berfungsi untuk membantu laju cairan saraf

Selain zat-zat yang dibutuhkan otak , dan agar supaya otak tidak mengalami kerusakan yang disebabkan kinerja otak yang berlebihan, rasa jemu dan emosi yang kurang stabil yaitu dengan cara memberikan suatu kebahagiaan kepada otak. Jadi, bagaimana cara kita membantu otak menjadi bahagia ? maka " Tersenyumlah dan Tertawalah" :-) ha...ha...ha..haaaa

Senyum dan tawa dapat menggerakkan begitu banyak otot, dapat melancarkan peredaran darah, dan dapat memperbaiki proses distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh. Akan tetapi, pengaruh terbesar yang ditimbulkan oleh senyum dan tawa sangat terlihat pada otak.

Tersenyum dan tertawa dapat menyebabkan munculnya beberapa jenis Neurotransmitter yang merupakan penghubung antar sel saraf dalam jumlah berlimpah yaitu :

  1. Acetylcholine memiliki peran mendasar yang sangat penting dalam penyimpanan berbagai materi yang kita hafal atau kita ingat.
  2. Dopamine berfungsi mengatur gerak otot tubuh kita
  3. Endorphine bertugas meredam rasa sakit, sehingga membantu kita merasa tenang secara fisik dan mental
  4. Noradrenaline bertugas membuat otak tetap sadar dan terjaga
  5. Serotonine bertugas menjadi penenang sehingga dibutuhkan untuk menjaga emosi dan membuat kita tidur.

Zat - zat tersebut yang membuat otak dapat merasa nikmat dan bahagia. Beberapa Neurotransmitter dapat membantu proses kerja pikiran kita , terlebih pada bagian memori.

Jadi Smart Lovers, Mulailah tersenyum dari sekarang kalau belum bisa tertawa. Karena tersenyum dan tertawa akan membuat kita lebih cerdas dan bahagia sebelum tertawa itu dilarang..ha..ha..ha...

Sudahkan hari ini "Smart Lovers" tersenyum ataupun tertawa ? 
mari senyum bersama :-) dan tertawa ha..huahaa..haaaa

sumber: Dr. Jean Mark Ruben Ann Daufur dalam bukunya 49 Langkah mencerdaskan Otak

 

Kumpulan Berita

#inspiratif#Senyuman

Komentar Anda

Berita Terkait

Lihat semua berita terkait...

Berita Terbaru

Trending

Most Shares