Arti Penting Seorang Leader Dalam Sebuah Pendirian Startup

Sabtu, 21 November 2015 Bang Tulup
Arti Penting Seorang Leader Dalam Sebuah Pendirian Startup

JavaInBlue.com - Membangun sebuah bisnis atau sebuah startup tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh "tangan besi" seorang pemimpin untuk mewujudkan mimpi agar menjadi sukses dan dirasakan semua anggota tim.

Jika Smart Lovers saat ini sedang membangun sebuah startup ataupun bisnis apapun, dan merasa ada yang kurang beres dengan organisasi yang sedang dibangun maka ada baiknya Smart Lovers melakukan intropeksi sejenak, apakah 6 poin di bawah ini sedang terjadi di dalam perusahaan yang Smart Lovers sedang bangun?
Karena ada hal penting yang harus diperhatikan jika terjadi kesalahan dalam sebuah organisasi yaitu kesalahan janganlah langsung dibebankan kepada  "orang" atau individu tertentu

Kenapa? Karena orang bisa jadi salah karena

1. Dia tidak paham

2. Perintah yang diberikan tidak jelas

3. Takut salah karena tidak ada kejelasan dari setiap kegiatan.

4. Lupa.

5. Lelah

6. Kurangnya waktu, ini tentu berkaitan erat dengan timeline atau batas akhir pekerjaan

Untuk mengurangi resiko kerja atau kelalaian kerja seperti tersebut di atas dibuatlah struktur organisasi yang didalamnya terdapat Direktut Utama, Direktur Keuangan, Manager, Staff dan lain-lain yang setiap struktur dan personal dalam organisasi terebut memiliki fungsi sebagai kontrol atas setiap kegiatan yang ada di dalam sebuah organisasi.

Untuk membuat struktur organisasi tersebut tentulah dibutuhkan seorang leader, seorang pemimpin. Jika Smart Lovers sebagai pendiri atau pemilik sebuah startup atau bisnis tentulah sangat membutuhkan kehadiran leader atau pemimpin ini.

Sebagai seorang leader, Smart Lovers harus mulai belajar membuat sebuah system kontrol, membuat alur dalam sebuah kegiatan organisasi atau yang biasa disebut sebagai SOP (Standard Operation Procedure) yang tujuannya sangat jelas, yaitu untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi karena faktor manusia seperti enam poin yang telah disebutkan di atas tadi.

Selain itu, sebagai seorang leader sebuah Startup, Smart Lovers juga memiliki tugas untuk:

1. Merencanakan semua kegiatan dengan baik

2. Mengarahkan dan memberi perintah dengan jelas bagaimana agar seluruh rencana kegiatan dapat berjalan sesuai target.

3. Mendampingi setiap tahap pelaksanaan kegiatan, baik pendampingan secara langsung, secara psikologis (suport moral, guyonan, berbagi rejeki, dan lain sebagainya)

4. Secara hukum mampu memberi jaminan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja.
Hukuman dan penghargaan harus diberikan secara adil dan teliti.

5. Mampu membangun sebuah system kerja dalam artian membangun alur pekerjaan dengan sangat baik supaya tahapan-tahapan pelaksanaan dan hasil pekerjaan sesuai dengan harapan.

6. Melakukan kontrol dan pengawasan secara langsung, tidak langsung dan secara system, maupun secara psikologis atas seluruh tahapan pekerjaan secara terperinci dan terjadwal.

Jika seorang leader mampu menjalankan 6 tugas kepemimpinan tersebut dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa dalam organisasi tersebut semua akan baik-baik saja.

Sebagai pengingat untuk Smart Lovers yang juga seorang leader, ada yang harus menjadi fokus tetapi sering dilupakan oleh pemimpin adalah tidak menjalankan fungsi dan system kontrol dg baik, sehingga organisasi menjadi berantakan dan bisnispun menjadi kocar kacir di tengah jalan.

Pemimpin harus "TIDAK BOLEH PERCAYA KEPADA BAWAHAN, KALAU TIDAK MELIHAT SENDIRI". Sedamglam bawahan haruslah rajin bertanya jika tidak paham atau merasa ragu-ragu.

So...jadilah seorang leader startup sejati.

Kumpulan Berita

#Leadership

Komentar Anda

Berita Terkait

Lihat semua berita terkait...

Berita Terbaru

Trending

Most Shares